- Patologi maknanya adalah “ilmu mengenai penyakit birokrasi dan kelemahan” yang melekat dalam birokrasi
- Birokrasi itu mestinya baik, karena bisa menjamin keteraturan, namun pada prakteknya ia banyak keburukan
- Birokrasi itu mestinya penuh keteraturan, namun pada prakteknya ketidak teraturan, sesuai dengan kepentingan dan keadaan birokratnya
- Patologi birokrasi di indonesia antara lain digambarkan dengan ATURAN DI ATUR ORANG, bukan ORANG DIATUR OLEH ATURAN
PENTINGNYA BIROKRASI BAIK
- Ada kejelasan prosedur, lalu dengan prosedur yang jelas itu pemerintah bisa melaksanakan tugas dengan baik, lalu rakyat dan dunia usaha yang dilayanipun happy
- Birokrasi yang baik bukan saja menguntungkan masyarakat tapi birokrat dan pimpinan birokrasi dapat bekerja ringan, istirhat tenag dan pensiun dapat penghargaan dari masyarakat.
BIROKRASI BAIK PEMERINTAH TERHORMAT
- Bila birokrasi dinilai baik maka ada kepuasaan kerja karena bisa memenuhi pelayanan PRIMA.
- Lembaga pemerintah sangat terbantu untuk menjaga kualitas pelayanan dan menghindari demonstrasi DESTRUKTIF
- Personil pemerintahan sangat terbantu oleh prakarsa masyarakat, karena kepercayaan itu mahal harganya
BAGAIMANA BIROKRAKSI DI SEBUT BAIK
- Effective dan efisien government: menggunakan sumberdaya optimal, dengan hasil yang terbaik, pemerintah bisa lebih banyak melayani masyarakat dan mensukseskan pembangunan
- Responsible government:memiliki tanggungjawab kepada masyarakat umum, sebaliknya masyarakat akan merasa puas (satisfied) birokrasi mau sedikit berkorban untuk masyarakat
- Transparent government: sifat pelaksanaan yang terbuka, memberi akses yang wajar kepada masyarakat lewat tokoh-tokoh mereka dan masyarakat secara terbuka. Dapat diakses
- BEHAVIORALIS: pendekatan dengan menggunakan ilmu prilaku individu menyangkut hal kepemimpinan, motivasi kerjasama
- INSTITUSIONAL: Pendekatan dengan ilmu organisasi penataan kelembagaan, menata struktur, penataan STANDARD PELAYANAN PUBLIK.
- PENDEKATAN SOSIAL: menggunakan mekanisme sosial untuk memperoleh dukungan misalnya dari tokoh masyarakat, LSM atau perguruan tinggi.
PENDEKATAN KELEMBAGAAN COCOK
- Alasannya ia akan bisa meningkatkan individu untuk bekerja sesuai TUPOKSI, merangsang mekanisme kerja yang baik, dan meletakkan kerangka kerjasama antar elemen di daerah
- Pendekatan kelembagaan lebih menjamin kelangsungan perbaikan, serta lebih sitemik, termasuk pendekatan kelembagaan ialah mempermodern institusi birokrasi dengan inovasi dan penggunaan IT dalam birokrasi
SURVEI MUTAKHIR TENTANG BIROKRASI MENGATAKAN ….
- BIROKRASI WELL PLANNED, BAD IN IMPLEMENTATION.
- Birokrasi kita punya banyak rencana yang baik, tapi kesulitan untuk melaksanakan rencana itu.
- Pemerintah mengkalim sudah berbuat banyak tapi bagi masyarakat itu omong kosong. Hal tersebut dikarenakan belum adanya ukuran baik buruk
- Pemerintah bekerja atas prosedur, sedang masyarakat meminta pemerintah sebagai kumpulan malaikat.
TIGA PILAR STRATEGI REFORMASI BIROKRASI
- Faktor pemerintah komitmen pusat SDM daerah kualitas birokrasi
- PERDA pelayanan publik tekanan politik dukungan keuangan komunikasi dgn rakyat
- Perencanaan fasilitasi evaluasi dan monitoring
ANATOMI DAN ELEMEN POKOK BIROKRASI
- Struktur organisasi birokrasi
- Visi dan misi organisasi birokrasi
- Pejabat birokrasi:
- Sistem rekuretmen birokrasi
- Sistem karir dalam jabatan
- Pendidikan dan latihan untuk PNS
- 4. Fasilitas pendukung birokrasi
- Opreasional
- Insentif kerja
- Administrasi kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar