DMCA.com Protection Status Selamat Datang Di Catatan dan Tugas kuliah S1/S2 Fak.Hukum: SEJARAH PERLINDUNGAN HAM DALAM INSTRUMEN HUKUM DOMESTIK U

Senin, 03 September 2012

SEJARAH PERLINDUNGAN HAM DALAM INSTRUMEN HUKUM DOMESTIK U


SEJARAH PERLINDUNGAN HAM DALAM INSTRUMEN HUKUM DOMESTIK
Untuk menjamin penghormatan dan pengakuan terhadap martabat manusia yang diwujudkan dalam perlindungan HAM maka idealnya HAM harus diatur dalam instrumen hukum suatu hal yang wajar apabila kelompok pembela ham disuatu negara selalu menuntut adanya katalog ham dalam konstitusi yang kemudian dijabarkan dalam undang-undang upaya perlindungan ham dalam instrumen hukum memiliki sejarah yang panjang terkait dengan pengalamn-pengalaman buruk yang dialami umat manusia michel freeman mengatakan:
Human right may be lagalized in two main ways (1) by being recognized in international law (2) by being speciffied in national law
Dewasa ini ham telah dilindungi dalam beberapa instrumen hukum internasional hukum regional dan hukum nasional dari berbagai negara fakta hisdtorisadedidikirawan menunjukan bahwa upaya domestik untuk menjamin perlindungan hukum bagi individu terhadap akses sewenang-wenang dari pengauasa negara telah mendahului perlindungan internasional terhadap ham perlindungan ham dalam instrumen hukum didasarkan pada beberapa pertimbangan freeman mengatakan:
There are at leest three reasons to legelize human rights the first is that human right are there by entrusted to persons (usually judges) who have been specially trained to understand them the second is that human right principles are often vague and courts of law adedidikirawancan make their menaing more precise the third is to confer on them a kind of objectivity that moral and political discourses are thought to lack this enables campeigners to appeal to established law rather than to contentious moral and political principles but we shall see that this apparent objectivity is also problematic
Sebelum abad ke 18 ham tidak masuk dalam kosakata politis gagasan mengenai martabat manusia terbentuk secara evolutif melalui sejarah pemikiran yang panjang namun gagasan tersebut tidak akan memiliki dasar riil politis, apabila tidak diakomodasi dalam konstitusi negara sejarah dunia mencatat bahwa gagasan mengenai martabat manusia yang melahirkan konsepsi tentang ham modern pada tahap awal telah diindtitusionalisasikan oleh bangsa inggris prancis dan amerika konstitusi ameriak serikat dan prancis merupakan konstitusi modern pertama yang mencantumkanadedidikirawan katalog ham dengan kata lain ham dalam arti modern dapat dijumpai rumusannya dalam konstitusi kedua negara tersebut jurgen habermas mengatakan:
Human right in the modern sense can be traced back to the virginia bill of rights and the american declaration of independence of 1776 on to the declaration des droits de ihomme et du citoyen of 1789 these declaration were inspired by the political philosophy of modern natural law especially that of locke and rousseau it is no accident that human right first take on a concerete from in the context adedidikirawanof these frist constitutions specifically as basic rights that are guaranteed within the frame of a national legal order
Bill of right inggris deklarasi kemerdekaan amerika dan deklarasi perancis merupakan pelembagaan dari revolusi-revolusi yaang terjadi di negara-negaara tersebut latar belakang revolusi inggris revolusi amerika dan revolusi prancis yang sarat dengan pengalaman buruk umat manusia atas pelanggaran hak-hak individu oleh absolutisme negara semakin mengukuhkan argumen bahwa pada taraf terdalam ham muncul dari pengalaman-pengalaman buruk umat manusia sejarah adedidikirawanperlindungan ham dalam instrumen hukum diawali oleh bangsa inggris yang diformulasikan dalam tida dukomen yaitu magna carta libertatum (1215) habeus corpus act (1679) dan bill of right (1689) selanjutnay diikuti oleh bangsa amerika sebagaimana terlihat dalam virginia bill of right (1776) dan declaration of independence (1776) prancis kemudia mengikuti jejak bangsa amerika dengan menerbitkan declaration des droits de i’homme et du citoyen (1789) inggris konsepsi ham lahir di inggris pda abad ke 17 pada 1215 para bangsawan inggris memaksa raja untuuk memberlakukan magna carta libertatum yang melarang penahanan penghukuman pperampasan benda secara sewenang-wenang dan sebagainya pada adedidikirawan1679 diterbitkan habeus corpus act yaitu suatu dokumen hukum historis yang menetapkan bahwa orang yang ditahan harus dihadapkan dalam waktu tiga hari kepada seorang hakim dan diberitahukan tuduhan yang dikenakan kepadanya sehingga ia di tahan upaya-upaya habeus corpus act telah memainkan peran yang sangat penting dalam perlindumngan kebebasan sipil dan telah digunakan dalam berbagia peristiwa selama lebih dari tiga abad magna carta libertatun menghancurkan adedidikirawancengkraman kekuasaan bangsa normandia sedangkan habeus corpus act memperjuangkan jaminan kebebasan personal dan menganggap penahanan semena-mena sebagai sesuatu yang merugikan kebebasanwalaupun tuntutan terhadap kebebasan dalam kedua dokumen tersebut sangat besar namun dokumen-dokumen pra ham ini tidak mengklaim universalitas dan juga tidak mengembangkan pemikiran tentang kesetaraan
Pada mulanya magna carta libertatum hanya berisi kompromi pembagian kekuasaan antara raja jhon dan para bangsawan dan baru dikemudian hari kata-kata dalam piagam tersebut memperoleh makna yang lebih luas seperti saat ini sesungguhnya baru adedidikirawandalam bill of right (1689) muncul ketentuan-ketentuan untuk melindungi hak-hak atau kebebasan individu namun perkembangan ini pun harus dilihat dalam konteksnya bill of right sebagaimana terlihat dari judul aslinya an act declaring adedidikirawanthe right and liberties of the subject and setting the succession of the crown merupakan hasil perjuangan parlemen melawan pemerintahan raja-raja wangsa sturat yang sewenang-wenang pada abad ke 17 bill of right disahkan setelah raja james II dipaksa turun tahta dan william II dan mary II naik ke singgasana kerajaan menyusul terjadinya glorious revolution (revolusi gemilang) pada 1688 bill of right tersebut menundukan monarki di bawah kekuasaan parlemen dengan menegaskan bahwa kekuasaan raja untuk membekukan dan memberlakukan undang-undang seperti dklaim oleh raja merupakan tindakan legal biil of right juga melarang raja melkukan pemungutan pajak dan pemiliharaan adedidikirawanpasukan tetap pada masa damai tanpa persetujuan parlemen     
Berdasarkan bill of rights (1689) raja wiliam harus mengakui hak-hak parlemen sehingga inggris menjadi negara pertama didunia yang memiliki sebuah konstitusi dalam arti modern perkembangan ini dipengaruhi oleh filsafat locke yang di samping menutut toleransi religius juga mengemukakan bahwa semua orang diciptakan sama dan memiliki hak-hak alamiah (natural right) yang tidak dapat dicabut (inalienable) diantaranya hak atas hidup kemerdekaan hak milik dan juga hak untuk mengusahakan kebahagiaan dalam analisis marxis glorius revolution pada 1688 dan bill of rights yang adedidikirawanmelembagakannya pada 1689 merupakan revolusi kaum borjuis yaitu revolusi yang hanya menegaskan naiknya kelas bangsawan dan pedagang di atas monarki bagi karl marx sebagian besar isi bill of rights merupakan pengaturan konstitusiional yang melindungi kepentingan satu kelompok analisis marxis tersebut ditentang oleh para sejarawan partai whig mereka justru menganggap bill of right sebagai kemenangan kebebasan atas despotisme dan sebagai perlindungan bagi rakyat inggris terhadap pemerintahan absolut dan sewenang-wenang baik analisis marxis maupunadedidikirawan argumentasi sejarawan partai whig ada benarnya karena bill of rights tidsk hanya menjamin kepentingan kaum borjuis tetapi juga mengatur hal-hal tertentuyang bercirikan ham meskipun pada waktu itu tidak disebut dengan istilah ham
Walaupun unsur hak asasi dalam bill of rights tampak sedikit dan berat sebelah karena menguntungkan kelas warga negara tertentu namun seluruh konteks instrumen ini sangat penting karena mencoba menggantikan tindakan yang tidak diduga-duga dan akses absolutisme monarki yang sewenang-wenang dengan legitimasi kosntitusional oleh parlemen sebagai wakil rakyat dan diterima oleh raja sebagai dasar bagi hubungan timbal balik antar raja dengan rakyat dan  menjadi syarat adedidikirawanbagi seorang raja untuk menduduki tahta kerajaan selain itu dokumen konstitusional tersebut menegakan supermasi hukum dengan menolak kekuasaan raja untuk membatalkannya dan demi persamaan derajat di muka hukum melarang dispensasi pada kasus-kasus individual dokumen ini juga melarang pembentukan pengadilan-pengadilan khusus dan pemungutan uang tanpa persetujuan parleman  didalamnya juga mengatur pemilihan anggota parlemen secara bebas imunitas persidangan parlemen pengukuhan prinsip trial by jury serta larangan terhadap denda yang terlalu tinggi dan hukuman yang berat hal-adedidikirawanhal ini dicanangkan oleh parlemen sebagai hak-hak dan kebebasan yang tidak perlu disangsikan lagi dan harus diterima oleh raja
Amerika serikat pencantuman ham dalam konstitusi amerika serikat diawali dengan deklarasi kemerdekaan amerikaserikat yang pada dasarnya merupakan konstitusionalisasi dari revolusi amerika revolusi itu sendiri bertujuan untuk membebaskan diri dari koloni inggris untuk kemudian mendirikan suatu negara yang merdeka dan berdaulat kaum revolusioner amerika yang memberontak pada pertengahan abad ke 18 tidak melupakan pengalaman revolusi inggris dan berbagai adedidikirawanupaya filosofis dan teoritis untuk menjastifikasi revolusi tersebut dalam upaya membebaskan diri dari koloni inggris karena ketidakpuasan akan tingginyaadedidikirawan pajak dan tidak adanya wakil rakyat dalam parlemen inggris kaum revolusioner ameroika mencari justifikasi dalam doktrin hak-hak kodrati dari locke dan para filsuf prancis dalam declaration of independence (1776) yang disusun oleh thomas jefferson gagasan-gagasan locke dan para filsuf perancis diungkapkan dengan kata-kata yang sangat jelas dan tepat sebagai berikut:
We hold these truth to be self evident that all men are created equal that they are endowed by their creator with certain unalienable rights that among these are life liberty and the purusut of happiness
Walaupun declaration of independence amerika disusun dalam konteks pembentukan suautu negra merdeka dan berdaulat deklarasi tersebut sudah berbicara tentang kebenaran-kebanaran yang pada prinsip[nya merupakan ham universal hal ini terlihat dari adedidikirawanrumusan kalimat yang tercantum dalam declaration of independence namun deklarasi tersebut belum mencantumkan katalog ham yang spesifik dilihat dari keberadaannya sebagai suatu deklarasi kemerdekaan declaration of independence yang telah mencantumkan cita-cita luhur untuk melinduungiadedidikirawan kehidupan kebebasan dan usha mencapai kebahagian tampaknya sudah cukup memadai namun dilihat dari presfektif pencantuman hak-hak individu yang wajib dilindungi oleh negara tampaknya keberadaan deklarasi tersebut belum memadai satu bulan sebelum diumumkannya declaration of independence george mason telah menyusun virginia bill of right deklarasi ini telah mencantumkan kebebasan-kebebasan sepesifik yang harus dilindungi dari campur tangan negara kebebasan tersebut mencakup antar lain: kebebasan pers adedidikirawankebebasan beribadat dan ketentuan yang menjamin tidak dapat dicabutnya kebebasan seseorang kecuali berdasarkan hukum setempat atau berdasarkan pertimbangan anggota masyarakat lainnya
Pada 1791 amerika serikat mengadopsi virginia bill of right yang memuat katalog hak-hak individu yang dilindungi hal tersebut dilakukan melalui sejumlah amandeman terhadap konstitusinya beberapa amandeman penting :
1.       Amandemen pertama mencantumkan ketentuan yang melindungi kebebasan beragama kebebasan pers kebebasan menyatakan pendapat dan hak berserikat
2.       Amandemen keempat mencantumkan ketentuan yang melindungi individu terhadap penggeledahan dan penangkapan yang tidak beralasan
3.       Amandeman kelima mencantumkan ketentuan yang menetapkan larangan memberatkan diri sendiri dan hak atas proses hukum yang benar
4.       Amndeman-amandemen berikutnya terhadap konstitusi amerika serikat adedidikirawanmemperluas katalog ham dalam virginia bill of rights antara lain amandemen ketiga belas tentang larangan praktik perbudakan
Prancis perjuangan revolusioner rakyat amerika sebelumnya kemudian menjadi inspirasi bagi perjuangan revolusioner rakyat perancis bahkan dapat dikatakan bahwa pengalaman bangsa amerika secara langsung mempengaruhi perjuangan revolusioner rakyat perancis untuk menentang suatu ancient regime namun berbeda dengan revolusi adedidikirawanamerika revolusi perancis bertujuan menggantikan sistem pemerintahan yang absolut dan sewenang-wenang untuk kemudian membentuk sustu sistem pemerintahan yang demokratis rakyat perancis menemukan solusi teoritis terhadap permasalahan tersebut dengan mengacu kepada konsepsi amerika mengenai legitimasi rakyat yaitu penentuan nasib sendiri dalil sentral konsepsi ini adalah kedaulatan sutu negaraPrancis perjuangan revolusioner rakyat amerika sebelumnya kemudian menjadi inspirasi bagi perjuangan revolusioner rakyat perancis bahkan dapat dikatakan bahwa pengalaman bangsa amerika secara langsung mempengaruhi perjuangan revolusioner rakyat perancis untuk menentang suatu ancient regime namun berbeda dengan revolusi amerika revolusi adedidikirawanperancis bertujuan menggantikan sistem pemerintahan yang absolut dan sewenang-wenang untuk kemudian membentuk sustu sistem pemerintahan yang demokratis rakyat perancis menemukan solusi teoritis terhadap permasalahan tersebut dengan mengacu kepada konsepsi amerika mengenai legitimasi rakyat yaitu penentuan nasib sendiri dalil sentral konsepsi ini adalah kedaulatan sutu negara berada di tangan rakyat sehingga pemerintahan harus dijalankan oleh dan untuk rakyat pemerintah yang tidak tanggap terhadap aspirasi rakyat dapat diganti berdasarkan pernyataan kehendak rakyat revolusi perancis mencari justifikasi dalam adedidikirawandoktrin hak-hak kodrati dan kontrak sosial dari locke serta teori kontrak sosial versi rousseau dan teori pemisahan kekuasaan dari montesquieu menurut declaration des drits de i homme et du citoyen kebehagiaan sejati harus dicari dalam kebebasan individu yang merupakan produk dari hakk-hak manusia yang suci tidak dapat dicabut dan kodrati selain adedidikirawanmencantumkan ketentuan mengenai perlindungan terhadaap hak-hak tertentu dari individu (hak atas proses pengadilan yang benar praduga tidak bersalah serta kebebasan menyampaikan gagasan dan pendapat) deklarasi prancis juga membingkai hak-hak tersebut dengan filsafat kebebasan yang jelas revolusi perancis melahirkan ham dengan nilai-nilainya yaitu kebiasaan kesamaan dan persaudaraan nilai-nilai inilah yang mendasari hak-hak yang dinyatakan dalam deklarasi perancis pasal 2 deklarasi perancis menyatakan sasaran setiap asosiasi politik adalah adedidikirawanpelastarian hak-hak manusia yang kodrati dan tidak dapat dicabut hak-hak tersebut adalah kebebasan (liberty) harta (property) keamanan (safety) dan perlawanan terhadap penindasan (resistance to oppression). Pelaksanaan hak-hak kodrati setiap manusia tidak dibatasi kecuali oleh batas-batas yang menjamin pelaksanaan hak0hak yang sama bagi anggota masyarakat adedidikirawanyang lain batas-batas ini hanya dapat ditetapkan oleh undang-undang deklarsi perncis yang dirancang oleh lafayette dalam komisi mirabeu merupakan produk yang dipengaruhi oleh amerika dalam deklarsi tersebut tuntutan revolusioner menentang ancient regime dapat dirasakan tindakan melupakan dan melecehkan hak-hak manusia yang kodrati dianggap sebagai satu-satunya penyebab kesengsaraan didunia ini atas dasar itu maka disusunlah daftar hak-hak suci yang tidak teralienasikan
1.       Kesimpulan 1: konsepsi kebebasan universal dan klaim validitas universal dari ham baru terlihat dalam dokumen-dokumen amerika (virginia bill of right dan declaration of independence) dan terutama dalam dokumen perancis (declaration des droits de i homme et du citoyen ) dokumen amerika merupakan institusionalisasi dari perjuangan melawan kerajaan inggris sedangkan dokumen perancis merupakan institusionalisasi dari penolakan adedidikirawanterhadap absolutisme dan penindasan dibalik dokumen-dokumen amerika tersebut terkandung doktrin locke tentang hak-hak kodrati sementara itu di dibalik dokumen perancis terkandung doktrin hak-hak kodrati dan teori kontrak sosial locke teori kontrak sosial versi rousseau dan doktrin pemisahaan kekuasaan montesquieu
2.       Kesimpulan 2: sejumlah tema dan konsepsi yang sering muncul dalam undang-undang mengenai ham berasal dari revolusi amerika dan revolusi perancis yaitu:
a.       Bahwa ham secara kodrati bersifat inhern universal dan tidak dapat dicabut hak-hak tersebut dimiliki oleh individu semata-mata karena ia adalah manusia dan bukan karena ia adalah warga dari sutu negara
b.      Perlindungan terbaik terhadap ham hanya terdapat dalam batas-batas legitimasi yang demokratis
c.       Bahwa batas-batas pelaksanaan hak hanya dapat ditetapkan atau dicabut oleh undang-undang
Dilain pihak revolusi-revolusi yang melahirkan cita-cita dan asas-asas luhur tersebut juga melahirkan masa teror dan pengalaman-pengalaman buruk lainnya dengan alasan ini maka para filsuf politik  seperti edmund burke david humme jhon austin dan jeremy bentham menolak dan menganggap konsepsi hak-hak kodrati sebagai sesuatu yang tidak lebih dari fenomena metafisisadedidikirawan yang tidak dapat diuji kebenarannya terlepas dari perdebatan teoritis atau doktriner mengenai dasar-dasar revolusi inggris amerika dan revolusi perancis suatu hal yang pasti bahwa masing-masing revolusi tersebut dengan caranya sendiri telah membantu perkembangan bentuk-bentuk demokrsauiliberal yang mengakui hak-hak tertentu sebagai hal penting dalam melindungi individu terhadap kecenderungan ke arah ototarisme yang melekat pada negara hal penting mengenal hak-hak yang diproteksi adedidikirawantersebut adalah bahwa hak-hak tersebut didominasi dengan kata-kata freedom from dan bukan right to dalam bahasa modern hak-hak tersebut dinamakan hak sipil dan hak politik karena hak-hak tersebut terutama mengenai hubungan individu denngan negara
Kelak kemudian hari langkah yang ditempuh di inggris amerika serikat dan pperancis diadopsi oleh negara-negara lain dengan menginstitudionalsasikan ham dalam konstutisi mereka ironinya walaupun ham telah diiinstusionalsasikan dalam konstitusi negara-negara modern sampai saat ini masih banyak terjadi pelecehan dan pelanggaran terhadap ham bahkan pelanggaran-[elanggaran yangadedidikirawan terjadi cenderung mengarah ke tindakan-tindakan biadab yang merendahkan martabat manusia sejarah umat manusia pada abad modern telah mencatat bahwa dikawasan benua pelopor ham justru terjadi permusnahan massal terhadap bangsa yahudi eropa oleh rezim nazi-jerman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar