DMCA.com Protection Status Selamat Datang Di Catatan dan Tugas kuliah S1/S2 Fak.Hukum: Catatan Kuliah Hukum Persaingan Usaha Part III Filsafat: Definisi,Dasar, Struktur,Perbandingan

Selasa, 28 Februari 2017

Catatan Kuliah Hukum Persaingan Usaha Part III Filsafat: Definisi,Dasar, Struktur,Perbandingan

Filsafat dan Dasar-dasar Persaingan Usaha
Definisi : Pasar
Pasar: Pertemuan antara permintaan dan penawaran yang menghasilkan keseimbangan (ekuilibrium) harga dan kuantitas. Proses pembentukan keseimbangan tsb melalui tawar menawar; Komponen sistem pasar: kepemilikan pribadi (private property rights), kepentinganadedidikirawan pribadi (self interest), interaksi bersaing, dan regulasi pemerintah;
Definisi: Persaingan
The act or action of seeking to gain what another is seeking to gain at the same time under fair or equitable rules and circumstances; A market condition in which a large number of independent buyers and sellers compete for identical commodities, oradedidikirawan services, deal freely with each other, and retain the right of entry and exit from the market…
Major Hypothesis
Mainstream hypothesis:  Struktur umumnya mempengaruhi kinerja pasar/industri (Structure-Conduct-performance Paradigm);
Chicago School hypotesis: sepanjang tdk ada hambatan kebijakan, monopoli mencerminkan superior efficiency, hanya kollusi yg dapat menciptakan kekuatan pasar;
Contestability theory: Kondisi masuk (entry conditions) lebih berbahaya dariadedidikirawan monopoli;
Struktur Pasar
Bentuk Struktur Pasar: persaingan sempurna, monopoli (alamiah, bilateral) vs monopsoni, oligopoli vs oligopsoni, dan monopolistic competition;
Perbedaan terletak pada: jumlah produsen/pembeli, sifat informasi (asimetrik), price taker vs price maker, produk (homogen vs diffrensiasi), penghalang masuk danadedidikirawan keluar (barriers to entry and exit), persaingan bukan harga, biaya transaski;
Perbandingan bentuk Pasar :
Karakteristik
Pers. Sempurna
Oligopoli
Pers.Monopolistik
Monopoli
-        Jumlah  
   produsen
-        Informasi 
  asimetrik
- Prilaku 
  penetapan  
  harga
Banyak
Tidak ada
Price taker
Beberapa
Ada
Price taker atau maker
Banyak
Tidak ada
Price maker
Satu
Adaadedidikirawan
Price maker
-        Produk
-       Penghalang
  masuk
Homogen
Rendah
Homogen/
Berbeda
Rendah/Tinggi
Berbeda
Rendah
Homogen
Tinggiadedidikirawan
-        Persaingan
  non harga
Rendah
Banyk pd produk berbedaadedidikirawan
Banyak
Advertensi
Sumber-sumber Kekuatan Monopoli :
  1. Ciptaan Manusia (Strategic behavior): Patent dan penghalang legal lainnya          (lisensi, dll); Kontrak ekslusif;  Tying Contracts;  Kolusi;
  1. Sumber Alamiah: Economies of scale; Economies of scope; Cost complementarities;
Effective Competition
Persaingan efektif hanya bisa terjadi jika terdapat strong mutual pressure diantara perusahaan2 yang beroperasi di pasar, ditandai dengan 3 (tiga) kondisi struktural: Jumlah perusahaan tdk memungkinkan kerjasama (kolusi); Tidak ada dominasi dariadedidikirawan satu terhdp yg lainnya; Kemudahan untuk masuk bagi pesaing baru;
STRUKTUR PASAR :
Monopoli: hanya ada satu penjual
Oligopoli: hanya sedikit penjual
Persaingan monopolistik (monopolistic competition): memiliki karakteristik persaingan sekaligus karakter monopoli (banyak penjual, produk terdifrensiasi, bebasadedidikirawan keluar dan masuk);
Persaingan sempurna (lihat elemennya pada karakter effective competition)
Paradigma Structure-Conduct-Performance
Pandangan sebab-akibat:
Struktur Pasar èConductèPerformance
Kritik: tdk ada hub satu arah, conduct dapatadedidikirawan pengaruhi struktur, sementara performance dapat pengaruhi conduct dan structur pasar;
Pendekatan untuk analisis pasar/industry
Market structure: jumlah perusahaan, besarnya aset atau pendapatan dll.;
Conduct: Penetapan harga, kartel, merger & akuisisi, dll.;
Performance: Profitabilitas, consumer surplusadedidikirawan, consumer welfare, etc.
ELEMENT2 STRUKTUR PASAR
Market share: Porsi penguasaan pasar yg dicerminkan oleh relatif nilai jual produk dari s/ perusahaan terhadap keseluruhan nilai jual di pasar bersangkutan;
Concentration Ratio: total market share dariadedidikirawan beberapa (biasanya empat) perusahaan besar di pasar bersangkutan;
Condition of entry: kondisi yg mencerminkan adaadedidikirawan tdknya hambatan masuk bagi pesaing;
Konsentrasi Industri
Rasio Konsentrasi 4 perusahaan (C4):
Jumlh pangsa pasar 4 perusahaan utama di industri ybs:
C4  =  W1  +  W2  +  W3  +  W4
Herfindahl-Hirschman Index (HHI):
Jumlah dari kuadrat pangsa pasar seluruh perusahaan di industri ybsadedidikirawan dilkali 10.000, jadi
HHI  =  10.000 x  Σ wi2

Keterbatasan:  Definisi pasar: lokal, nasional, regional? Mengabaikanadedidikirawan produsen LN; Definisi Industri dan klasifikasi produk;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar