Filsafat dan Dasar-dasar Persaingan Usaha
Definisi : Pasar
Pasar: Pertemuan antara
permintaan dan penawaran yang menghasilkan keseimbangan (ekuilibrium) harga dan
kuantitas. Proses pembentukan keseimbangan tsb melalui tawar menawar; Komponen
sistem pasar: kepemilikan pribadi (private property rights), kepentinganadedidikirawan pribadi (self interest), interaksi bersaing, dan regulasi pemerintah;
Definisi: Persaingan
The act or action of seeking to gain what another is seeking to gain at
the same time under fair or equitable rules and circumstances; A market
condition in which a large number of independent buyers and sellers compete for
identical commodities, oradedidikirawan services, deal freely with each other, and retain the
right of entry and exit from the market…
Major Hypothesis
Mainstream hypothesis: Struktur umumnya mempengaruhi kinerja
pasar/industri (Structure-Conduct-performance Paradigm);
Chicago School hypotesis:
sepanjang tdk ada hambatan kebijakan, monopoli mencerminkan superior
efficiency, hanya kollusi yg dapat menciptakan kekuatan pasar;
Contestability theory:
Kondisi masuk (entry conditions) lebih berbahaya dariadedidikirawan monopoli;
Struktur Pasar
Bentuk Struktur Pasar: persaingan
sempurna, monopoli (alamiah, bilateral) vs monopsoni, oligopoli vs oligopsoni,
dan monopolistic competition;
Perbedaan terletak pada: jumlah
produsen/pembeli, sifat informasi (asimetrik), price taker vs price maker,
produk (homogen vs diffrensiasi), penghalang masuk danadedidikirawan keluar (barriers to
entry and exit), persaingan bukan harga, biaya transaski;
Perbandingan bentuk Pasar :
Karakteristik
|
Pers. Sempurna
|
Oligopoli
|
Pers.Monopolistik
|
Monopoli
|
-
Jumlah
produsen
-
Informasi
asimetrik
- Prilaku
penetapan
harga
|
Banyak
Tidak ada
Price taker
|
Beberapa
Ada
Price taker atau maker
|
Banyak
Tidak ada
Price maker
|
Satu
Ada
Price maker
|
-
Produk
-
Penghalang
masuk
|
Homogen
Rendah
|
Homogen/
Berbeda
Rendah/Tinggi
|
Berbeda
Rendah
|
Homogen
Tinggi
|
-
Persaingan
non harga
|
Rendah
|
Banyk pd produk berbeda
|
Banyak
|
Advertensi
|
Sumber-sumber Kekuatan Monopoli :
- Ciptaan Manusia (Strategic behavior): Patent dan
penghalang legal lainnya (lisensi,
dll); Kontrak ekslusif; Tying
Contracts; Kolusi;
- Sumber Alamiah: Economies of scale; Economies of
scope; Cost complementarities;
Effective Competition
Persaingan efektif hanya bisa
terjadi jika terdapat strong mutual pressure diantara perusahaan2 yang
beroperasi di pasar, ditandai dengan 3 (tiga) kondisi struktural: Jumlah
perusahaan tdk memungkinkan kerjasama (kolusi); Tidak ada dominasi dariadedidikirawan satu
terhdp yg lainnya; Kemudahan untuk masuk bagi pesaing baru;
STRUKTUR PASAR :
Monopoli: hanya ada satu
penjual
Oligopoli: hanya sedikit
penjual
Persaingan monopolistik
(monopolistic competition): memiliki karakteristik persaingan sekaligus
karakter monopoli (banyak penjual, produk terdifrensiasi, bebasadedidikirawan keluar dan
masuk);
Persaingan sempurna (lihat
elemennya pada karakter effective competition)
Paradigma Structure-Conduct-Performance
Pandangan sebab-akibat:
Struktur Pasar èConductèPerformance
Kritik: tdk ada hub satu arah,
conduct dapatadedidikirawan pengaruhi struktur, sementara performance dapat pengaruhi conduct
dan structur pasar;
Pendekatan untuk analisis pasar/industry
Market structure: jumlah
perusahaan, besarnya aset atau pendapatan dll.;
Conduct: Penetapan harga, kartel,
merger & akuisisi, dll.;
Performance: Profitabilitas,
consumer surplusadedidikirawan, consumer welfare, etc.
ELEMENT2 STRUKTUR PASAR
Market share: Porsi
penguasaan pasar yg dicerminkan oleh relatif nilai jual produk dari s/ perusahaan
terhadap keseluruhan nilai jual di pasar bersangkutan;
Concentration Ratio: total
market share dariadedidikirawan beberapa (biasanya empat) perusahaan besar di pasar
bersangkutan;
Condition of entry:
kondisi yg mencerminkan adaadedidikirawan tdknya hambatan masuk bagi pesaing;
Konsentrasi Industri
Rasio Konsentrasi 4 perusahaan (C4):
Jumlh pangsa pasar 4 perusahaan
utama di industri ybs:
C4 = W1 + W2 + W3 + W4
Herfindahl-Hirschman Index (HHI):
Jumlah dari kuadrat pangsa pasar
seluruh perusahaan di industri ybsadedidikirawan dilkali 10.000, jadi
HHI =
10.000 x Σ wi2
Keterbatasan: Definisi pasar: lokal, nasional, regional? Mengabaikanadedidikirawan produsen LN; Definisi Industri dan klasifikasi produk;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar