SEJARAH
PERLINDUNGAN HAM DALAM INSTRUMEN HUKUM DOMESTIK
Untuk menjamin
penghormatan dan pengakuan terhadap martabat manusia yang diwujudkan dalam
perlindungan HAM maka idealnya HAM harus diatur dalam instrumen hukum suatu hal
yang wajar apabila kelompok pembela ham disuatu negara selalu menuntut adanya
katalog ham dalam konstitusi yang kemudian dijabarkan dalam undang-undang upaya
perlindungan ham dalam instrumen hukum memiliki sejarah yang panjang terkait
dengan pengalamn-pengalaman buruk yang dialami umat manusia michel freeman
mengatakan:
Human right
may be lagalized in two main ways (1) by being recognized in international law
(2) by being speciffied in national law
Dewasa ini ham
telah dilindungi dalam beberapa instrumen hukum internasional hukum regional
dan hukum nasional dari berbagai negara fakta hisdtorisadedidikirawan menunjukan bahwa upaya
domestik untuk menjamin perlindungan hukum bagi individu terhadap akses
sewenang-wenang dari pengauasa negara telah mendahului perlindungan
internasional terhadap ham perlindungan ham dalam instrumen hukum didasarkan
pada beberapa pertimbangan freeman mengatakan:
There are at
leest three reasons to legelize human rights the first is that human right are
there by entrusted to persons (usually judges) who have been specially trained
to understand them the second is that human right principles are often vague
and courts of law adedidikirawancan make their menaing more precise the third is to confer on
them a kind of objectivity that moral and political discourses are thought to
lack this enables campeigners to appeal to established law rather than to
contentious moral and political principles but we shall see that this apparent
objectivity is also problematic
Sebelum abad
ke 18 ham tidak masuk dalam kosakata politis gagasan mengenai martabat manusia
terbentuk secara evolutif melalui sejarah pemikiran yang panjang namun gagasan
tersebut tidak akan memiliki dasar riil politis, apabila tidak diakomodasi
dalam konstitusi negara sejarah dunia mencatat bahwa gagasan mengenai martabat
manusia yang melahirkan konsepsi tentang ham modern pada tahap awal telah
diindtitusionalisasikan oleh bangsa inggris prancis dan amerika konstitusi
ameriak serikat dan prancis merupakan konstitusi modern pertama yang
mencantumkanadedidikirawan katalog ham dengan kata lain ham dalam arti modern dapat dijumpai
rumusannya dalam konstitusi kedua negara tersebut jurgen habermas mengatakan:
Human right in
the modern sense can be traced back to the virginia bill of rights and the
american declaration of independence of 1776 on to the declaration des droits
de ihomme et du citoyen of 1789 these declaration were inspired by the
political philosophy of modern natural law especially that of locke and
rousseau it is no accident that human right first take on a concerete from in
the context adedidikirawanof these frist constitutions specifically as basic rights that are
guaranteed within the frame of a national legal order
Bill of right inggris deklarasi kemerdekaan amerika dan deklarasi
perancis merupakan pelembagaan dari revolusi-revolusi yaang terjadi di
negara-negaara tersebut latar belakang revolusi inggris revolusi amerika dan
revolusi prancis yang sarat dengan pengalaman buruk umat manusia atas
pelanggaran hak-hak individu oleh absolutisme negara semakin mengukuhkan
argumen bahwa pada taraf terdalam ham muncul dari pengalaman-pengalaman buruk
umat manusia sejarah adedidikirawanperlindungan ham dalam instrumen hukum diawali oleh bangsa
inggris yang diformulasikan dalam tida dukomen yaitu magna carta libertatum
(1215) habeus corpus act (1679) dan bill of right (1689) selanjutnay diikuti
oleh bangsa amerika sebagaimana terlihat dalam virginia bill of right (1776)
dan declaration of independence (1776) prancis kemudia mengikuti jejak bangsa
amerika dengan menerbitkan declaration des droits de i’homme et du citoyen
(1789) inggris konsepsi ham lahir di inggris pda abad ke 17 pada 1215 para
bangsawan inggris memaksa raja untuuk memberlakukan magna carta libertatum yang
melarang penahanan penghukuman pperampasan benda secara sewenang-wenang dan
sebagainya pada adedidikirawan1679 diterbitkan habeus corpus act yaitu suatu dokumen hukum
historis yang menetapkan bahwa orang yang ditahan harus dihadapkan dalam waktu
tiga hari kepada seorang hakim dan diberitahukan tuduhan yang dikenakan
kepadanya sehingga ia di tahan upaya-upaya habeus corpus act telah memainkan
peran yang sangat penting dalam perlindumngan kebebasan sipil dan telah
digunakan dalam berbagia peristiwa selama lebih dari tiga abad magna carta
libertatun menghancurkan adedidikirawancengkraman kekuasaan bangsa normandia sedangkan habeus
corpus act memperjuangkan jaminan kebebasan personal dan menganggap penahanan
semena-mena sebagai sesuatu yang merugikan kebebasanwalaupun tuntutan terhadap
kebebasan dalam kedua dokumen tersebut sangat besar namun dokumen-dokumen pra
ham ini tidak mengklaim universalitas dan juga tidak mengembangkan pemikiran
tentang kesetaraan
Pada mulanya magna carta libertatum hanya berisi kompromi pembagian
kekuasaan antara raja jhon dan para bangsawan dan baru dikemudian hari
kata-kata dalam piagam tersebut memperoleh makna yang lebih luas seperti saat
ini sesungguhnya baru adedidikirawandalam bill of right (1689) muncul ketentuan-ketentuan
untuk melindungi hak-hak atau kebebasan individu namun perkembangan ini pun
harus dilihat dalam konteksnya bill of right sebagaimana terlihat dari judul
aslinya an act declaring adedidikirawanthe right and liberties of the subject and setting the
succession of the crown merupakan hasil perjuangan parlemen melawan
pemerintahan raja-raja wangsa sturat yang sewenang-wenang pada abad ke 17 bill
of right disahkan setelah raja james II dipaksa turun tahta dan william II dan
mary II naik ke singgasana kerajaan menyusul terjadinya glorious revolution
(revolusi gemilang) pada 1688 bill of right tersebut menundukan monarki di
bawah kekuasaan parlemen dengan menegaskan bahwa kekuasaan raja untuk
membekukan dan memberlakukan undang-undang seperti dklaim oleh raja merupakan
tindakan legal biil of right juga melarang raja melkukan pemungutan pajak dan
pemiliharaan adedidikirawanpasukan tetap pada masa damai tanpa persetujuan parlemen
Berdasarkan
bill of rights (1689) raja wiliam harus mengakui hak-hak parlemen sehingga
inggris menjadi negara pertama didunia yang memiliki sebuah konstitusi dalam
arti modern perkembangan ini dipengaruhi oleh filsafat locke yang di samping
menutut toleransi religius juga mengemukakan bahwa semua orang diciptakan sama
dan memiliki hak-hak alamiah (natural right) yang tidak dapat dicabut
(inalienable) diantaranya hak atas hidup kemerdekaan hak milik dan juga hak
untuk mengusahakan kebahagiaan dalam analisis marxis glorius revolution pada
1688 dan bill of rights yang adedidikirawanmelembagakannya pada 1689 merupakan revolusi kaum
borjuis yaitu revolusi yang hanya menegaskan naiknya kelas bangsawan dan
pedagang di atas monarki bagi karl marx sebagian besar isi bill of rights merupakan
pengaturan konstitusiional yang melindungi kepentingan satu kelompok analisis
marxis tersebut ditentang oleh para sejarawan partai whig mereka justru
menganggap bill of right sebagai kemenangan kebebasan atas despotisme dan
sebagai perlindungan bagi rakyat inggris terhadap pemerintahan absolut dan
sewenang-wenang baik analisis marxis maupunadedidikirawan argumentasi sejarawan partai whig
ada benarnya karena bill of rights tidsk hanya menjamin kepentingan kaum
borjuis tetapi juga mengatur hal-hal tertentuyang bercirikan ham meskipun pada
waktu itu tidak disebut dengan istilah ham
Walaupun unsur
hak asasi dalam bill of rights tampak sedikit dan berat sebelah karena
menguntungkan kelas warga negara tertentu namun seluruh konteks instrumen ini
sangat penting karena mencoba menggantikan tindakan yang tidak diduga-duga dan
akses absolutisme monarki yang sewenang-wenang dengan legitimasi kosntitusional
oleh parlemen sebagai wakil rakyat dan diterima oleh raja sebagai dasar bagi
hubungan timbal balik antar raja dengan rakyat dan menjadi syarat adedidikirawanbagi seorang raja untuk
menduduki tahta kerajaan selain itu dokumen konstitusional tersebut menegakan
supermasi hukum dengan menolak kekuasaan raja untuk membatalkannya dan demi
persamaan derajat di muka hukum melarang dispensasi pada kasus-kasus individual
dokumen ini juga melarang pembentukan pengadilan-pengadilan khusus dan
pemungutan uang tanpa persetujuan parleman
didalamnya juga mengatur pemilihan anggota parlemen secara bebas
imunitas persidangan parlemen pengukuhan prinsip trial by jury serta larangan
terhadap denda yang terlalu tinggi dan hukuman yang berat hal-adedidikirawanhal ini
dicanangkan oleh parlemen sebagai hak-hak dan kebebasan yang tidak perlu
disangsikan lagi dan harus diterima oleh raja
Amerika
serikat pencantuman ham dalam konstitusi amerika serikat diawali dengan
deklarasi kemerdekaan amerikaserikat yang pada dasarnya merupakan
konstitusionalisasi dari revolusi amerika revolusi itu sendiri bertujuan untuk
membebaskan diri dari koloni inggris untuk kemudian mendirikan suatu negara
yang merdeka dan berdaulat kaum revolusioner amerika yang memberontak pada
pertengahan abad ke 18 tidak melupakan pengalaman revolusi inggris dan berbagai
adedidikirawanupaya filosofis dan teoritis untuk menjastifikasi revolusi tersebut dalam upaya
membebaskan diri dari koloni inggris karena ketidakpuasan akan tingginyaadedidikirawan pajak
dan tidak adanya wakil rakyat dalam parlemen inggris kaum revolusioner ameroika
mencari justifikasi dalam doktrin hak-hak kodrati dari locke dan para filsuf
prancis dalam declaration of independence (1776) yang disusun oleh thomas
jefferson gagasan-gagasan locke dan para filsuf perancis diungkapkan dengan
kata-kata yang sangat jelas dan tepat sebagai berikut:
We hold these
truth to be self evident that all men are created equal that they are endowed
by their creator with certain unalienable rights that among these are life
liberty and the purusut of happiness
Walaupun
declaration of independence amerika disusun dalam konteks pembentukan suautu
negra merdeka dan berdaulat deklarasi tersebut sudah berbicara tentang
kebenaran-kebanaran yang pada prinsip[nya merupakan ham universal hal ini
terlihat dari adedidikirawanrumusan kalimat yang tercantum dalam declaration of independence
namun deklarasi tersebut belum mencantumkan katalog ham yang spesifik dilihat
dari keberadaannya sebagai suatu deklarasi kemerdekaan declaration of independence
yang telah mencantumkan cita-cita luhur untuk melinduungiadedidikirawan kehidupan kebebasan
dan usha mencapai kebahagian tampaknya sudah cukup memadai namun dilihat dari
presfektif pencantuman hak-hak individu yang wajib dilindungi oleh negara
tampaknya keberadaan deklarasi tersebut belum memadai satu bulan sebelum
diumumkannya declaration of independence george mason telah menyusun virginia
bill of right deklarasi ini telah mencantumkan kebebasan-kebebasan sepesifik
yang harus dilindungi dari campur tangan negara kebebasan tersebut mencakup
antar lain: kebebasan pers adedidikirawankebebasan beribadat dan ketentuan yang menjamin
tidak dapat dicabutnya kebebasan seseorang kecuali berdasarkan hukum setempat atau
berdasarkan pertimbangan anggota masyarakat lainnya
Pada 1791
amerika serikat mengadopsi virginia bill of right yang memuat katalog hak-hak
individu yang dilindungi hal tersebut dilakukan melalui sejumlah amandeman
terhadap konstitusinya beberapa amandeman penting :
1.
Amandemen pertama mencantumkan ketentuan yang
melindungi kebebasan beragama kebebasan pers kebebasan menyatakan pendapat dan
hak berserikat
2.
Amandemen keempat mencantumkan ketentuan yang
melindungi individu terhadap penggeledahan dan penangkapan yang tidak beralasan
3.
Amandeman kelima mencantumkan ketentuan yang menetapkan
larangan memberatkan diri sendiri dan hak atas proses hukum yang benar
4.
Amndeman-amandemen berikutnya terhadap
konstitusi amerika serikat adedidikirawanmemperluas katalog ham dalam virginia bill of rights
antara lain amandemen ketiga belas tentang larangan praktik perbudakan
Prancis
perjuangan revolusioner rakyat amerika sebelumnya kemudian menjadi inspirasi
bagi perjuangan revolusioner rakyat perancis bahkan dapat dikatakan bahwa
pengalaman bangsa amerika secara langsung mempengaruhi perjuangan revolusioner
rakyat perancis untuk menentang suatu ancient regime namun berbeda dengan
revolusi adedidikirawanamerika revolusi perancis bertujuan menggantikan sistem pemerintahan
yang absolut dan sewenang-wenang untuk kemudian membentuk sustu sistem
pemerintahan yang demokratis rakyat perancis menemukan solusi teoritis terhadap
permasalahan tersebut dengan mengacu kepada konsepsi amerika mengenai
legitimasi rakyat yaitu penentuan nasib sendiri dalil sentral konsepsi ini
adalah kedaulatan sutu negaraPrancis perjuangan revolusioner rakyat amerika
sebelumnya kemudian menjadi inspirasi bagi perjuangan revolusioner rakyat
perancis bahkan dapat dikatakan bahwa pengalaman bangsa amerika secara langsung
mempengaruhi perjuangan revolusioner rakyat perancis untuk menentang suatu
ancient regime namun berbeda dengan revolusi amerika revolusi adedidikirawanperancis
bertujuan menggantikan sistem pemerintahan yang absolut dan sewenang-wenang
untuk kemudian membentuk sustu sistem pemerintahan yang demokratis rakyat
perancis menemukan solusi teoritis terhadap permasalahan tersebut dengan
mengacu kepada konsepsi amerika mengenai legitimasi rakyat yaitu penentuan
nasib sendiri dalil sentral konsepsi ini adalah kedaulatan sutu negara berada
di tangan rakyat sehingga pemerintahan harus dijalankan oleh dan untuk rakyat
pemerintah yang tidak tanggap terhadap aspirasi rakyat dapat diganti
berdasarkan pernyataan kehendak rakyat revolusi perancis mencari justifikasi
dalam adedidikirawandoktrin hak-hak kodrati dan kontrak sosial dari locke serta teori kontrak
sosial versi rousseau dan teori pemisahan kekuasaan dari montesquieu menurut
declaration des drits de i homme et du citoyen kebehagiaan sejati harus dicari
dalam kebebasan individu yang merupakan produk dari hakk-hak manusia yang suci
tidak dapat dicabut dan kodrati selain adedidikirawanmencantumkan ketentuan mengenai
perlindungan terhadaap hak-hak tertentu dari individu (hak atas proses
pengadilan yang benar praduga tidak bersalah serta kebebasan menyampaikan
gagasan dan pendapat) deklarasi prancis juga membingkai hak-hak tersebut dengan
filsafat kebebasan yang jelas revolusi perancis melahirkan ham dengan
nilai-nilainya yaitu kebiasaan kesamaan dan persaudaraan nilai-nilai inilah
yang mendasari hak-hak yang dinyatakan dalam deklarasi perancis pasal 2
deklarasi perancis menyatakan sasaran setiap asosiasi politik adalah
adedidikirawanpelastarian hak-hak manusia yang kodrati dan tidak dapat dicabut hak-hak
tersebut adalah kebebasan (liberty) harta (property) keamanan (safety) dan
perlawanan terhadap penindasan (resistance to oppression). Pelaksanaan hak-hak
kodrati setiap manusia tidak dibatasi kecuali oleh batas-batas yang menjamin
pelaksanaan hak0hak yang sama bagi anggota masyarakat adedidikirawanyang lain batas-batas ini
hanya dapat ditetapkan oleh undang-undang deklarsi perncis yang dirancang oleh
lafayette dalam komisi mirabeu merupakan produk yang dipengaruhi oleh amerika
dalam deklarsi tersebut tuntutan revolusioner menentang ancient regime dapat
dirasakan tindakan melupakan dan melecehkan hak-hak manusia yang kodrati
dianggap sebagai satu-satunya penyebab kesengsaraan didunia ini atas dasar itu
maka disusunlah daftar hak-hak suci yang tidak teralienasikan
1.
Kesimpulan 1: konsepsi kebebasan universal dan
klaim validitas universal dari ham baru terlihat dalam dokumen-dokumen amerika
(virginia bill of right dan declaration of independence) dan terutama dalam
dokumen perancis (declaration des droits de i homme et du citoyen ) dokumen
amerika merupakan institusionalisasi dari perjuangan melawan kerajaan inggris
sedangkan dokumen perancis merupakan institusionalisasi dari penolakan adedidikirawanterhadap
absolutisme dan penindasan dibalik dokumen-dokumen amerika tersebut terkandung
doktrin locke tentang hak-hak kodrati sementara itu di dibalik dokumen perancis
terkandung doktrin hak-hak kodrati dan teori kontrak sosial locke teori kontrak
sosial versi rousseau dan doktrin pemisahaan kekuasaan montesquieu
2.
Kesimpulan 2: sejumlah tema dan konsepsi yang
sering muncul dalam undang-undang mengenai ham berasal dari revolusi amerika
dan revolusi perancis yaitu:
a.
Bahwa ham secara kodrati bersifat inhern universal
dan tidak dapat dicabut hak-hak tersebut dimiliki oleh individu semata-mata
karena ia adalah manusia dan bukan karena ia adalah warga dari sutu negara
b.
Perlindungan terbaik terhadap ham hanya terdapat
dalam batas-batas legitimasi yang demokratis
c.
Bahwa batas-batas pelaksanaan hak hanya dapat
ditetapkan atau dicabut oleh undang-undang
Dilain pihak
revolusi-revolusi yang melahirkan cita-cita dan asas-asas luhur tersebut juga
melahirkan masa teror dan pengalaman-pengalaman buruk lainnya dengan alasan ini
maka para filsuf politik seperti edmund
burke david humme jhon austin dan jeremy bentham menolak dan menganggap
konsepsi hak-hak kodrati sebagai sesuatu yang tidak lebih dari fenomena
metafisisadedidikirawan yang tidak dapat diuji kebenarannya terlepas dari perdebatan teoritis
atau doktriner mengenai dasar-dasar revolusi inggris amerika dan revolusi
perancis suatu hal yang pasti bahwa masing-masing revolusi tersebut dengan
caranya sendiri telah membantu perkembangan bentuk-bentuk demokrsauiliberal
yang mengakui hak-hak tertentu sebagai hal penting dalam melindungi individu
terhadap kecenderungan ke arah ototarisme yang melekat pada negara hal penting
mengenal hak-hak yang diproteksi adedidikirawantersebut adalah bahwa hak-hak tersebut
didominasi dengan kata-kata freedom from dan bukan right to dalam bahasa modern
hak-hak tersebut dinamakan hak sipil dan hak politik karena hak-hak tersebut
terutama mengenai hubungan individu denngan negara
Kelak kemudian
hari langkah yang ditempuh di inggris amerika serikat dan pperancis diadopsi
oleh negara-negara lain dengan menginstitudionalsasikan ham dalam konstutisi
mereka ironinya walaupun ham telah diiinstusionalsasikan dalam konstitusi
negara-negara modern sampai saat ini masih banyak terjadi pelecehan dan
pelanggaran terhadap ham bahkan pelanggaran-[elanggaran yangadedidikirawan terjadi cenderung
mengarah ke tindakan-tindakan biadab yang merendahkan martabat manusia sejarah
umat manusia pada abad modern telah mencatat bahwa dikawasan benua pelopor ham
justru terjadi permusnahan massal terhadap bangsa yahudi eropa oleh rezim
nazi-jerman